Senin, 11 Juni 2012

Cara Membuat Database Mysql Lewat Commad Prompt


Salam,,
Apa kabar kawanku sekalian, Semoga semuanya masih dalam keadaan sehat wal'afiat dan selalu dalam Lindungan-Nya.. Amiin,,
Mysql

Artikel berikut, saya akan membahas bagaimana cara membuat database mysql lewat commad prompt, biasanya temanku bilang Lewat Layar Hitam.. hehehehe.. :) Artikel ini saya khususkan untuk teman-teman pemula, atau yang baru mulai belajar DATABASE MYSQL (dalam MK. Basis Data). cara pembuatanya sih menurutku gampang-gampang susah, dikatakan gampang, jika kita memahami logikanya, dan dikatakan susah jika kita hanya menghafal sintax / query tapi tidak mengetahui logika atau jalanya..

sebelum kita mulai membahas cara membuat database dengan Mysql, perlu kita ketahui Apa yang dimaksud dengan mysql atau apa pengertian mysql dan apa pengertian Database?? okay, next pertama Mysql. MYSQL adalah singkatan dari "My Structure Query Language". MySQL adalah suatu perangkat lunak databases relasi (Relational Database Management System atau RDBMS), seperti halnya ORACLE, Postgresql, MS SQL, dan sebagainya. sedangkan databases adalah Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. yah mungkin begitulah sedikit gambaran mengenai mysql dan database. selanjutnya kita langsung saja pada prakteknya..


MEMBUAT DATABASE MYSQL DENGAN COMMAND PROMPT

Pertama siapkan aplikasi Servernya. disini saya menggunakan APPSERV. jika belum punya silahkan DOWNLOAD DISINI

setelah di Download silahkan diinstal. Untuk cara menginstal sudah saya posting pada tutorial saya sebelumya. Cara Menginstal Appserv.

setelah itu jalankan appservnya dengan klik Start - Allprogram - Appserv - Control Server bay Manual - Apache start dan Mysql Start.

Buka Command Prompt dengan cara Masuk ke Menu Run lalu ketik CMD dan enter.
setelah jendela Commad prompt terbuka ketik "cd\appserv\mysql\bin" (tanpa tanda petik) lalu enter.


setelah itu akan tampil C:\Appserv\Mysql\bin>
lalu ketik" mysql -u root -p " lalu enter

lalu masukkan password anda (passwordnya adalah password yang digunakan saat menginstal appserv)

untuk membuat database baru, ketikkan perintah berikut tanps tanda petik "create databases contoh;"
(CONTOH adala nama database yang akan dibuat).. 
untuk menggunakan database contoh ketik use contoh lalu enter.
database siap digunakan. selanjutnya menbuat tabel dalam database nanti akan saya bahas pada artikel berikutnya..

Sekian Tutorialnya, selamat mencoba semoga bermanfaat.. Terima Kasih.. :) :D
jangan lupa di koment ya...??? Tengkyuu...

2 komentar:

hanum on 15 Juni 2012 pukul 02.46 mengatakan...

terkait dengan analisis MySQL, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2338/1/Web%20Security%20Analysis%20Using%20Picalo%20and%20MySQL%20In%20Gunadarma%20University.pdf

Unknown on 18 Juni 2012 pukul 10.03 mengatakan...

ok mas.. terima kasih... dan terima kasih telah berkunjung....

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar anda.. Terima Kasih

Followers

Free Page Rank Tool free search engine submission

FreeFind Site Search Engine - FreeFind adds a "search this site" feature to your website, making your site easier to use. FreeFind also gives you reports showing what your visitors are searching for, enabling you to improve your site. FreeFind's advanced site search engine and automatic site map technology can be added to your website for free.

http://www.freesearchenginesubmission.infometeo15jours.com

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com